Total Pageviews

Tuesday, July 31, 2012

Inspirasi Modifikasi Aliran Retro Vintage ( Bagian 1)

Salah satu aliran modifikasi yang lumayan terkenal dan banyak penggemarnya dibelahan dunia manapun adalah Aliran Retro Vintage. Sebenarnya aliran ini bercirikan mengembalikan wujud motor lawas sesuai dengan aslinya. Sudah diketahui karena termakan usia, motor- motor keluaran terdahulu/ klasik kebanyakan sudah memprihatinkan kondisinya. Apabila kita masih memiliki bahan untuk modifikasi motor lawas ini jujur anda sangat beruntung. Untuk motor lawas yang beredar di Indonesia ada yang produk Eropa, Amerika dan kebanyakan produk Asia dengan kubikasi yang bermacam- macam. 

Pada bagian pertama kali ini kita akan membahas mengenai retro vintage dari motor keluaran Honda Tahun 1970 an yaitu Honda CB 350 K4. Aslinya jumlah kendaraan ini yang beredar di Indonesia sangat terbatas, sehingga sulit kemungkinan kita menemukan bahan untuk melakukan modifikasi. Saya mempunyai keinginan untuk membangun motor dengan bentuk menyerupai motor ini namun menggunakan mesin yang baru yang banyak beredar di Indonesia. Pilihan jatuh pada Honda Tiger 2000, alasan saya memilih mesin ini karena populasinya banyak dan harganya terjangkau. 



Setelah jatuh pilihan ke Honda Tiger 2000, saatnya kita mulai berburu parts untuk mendukung aliran ini>
1. Body parts 
Terdiri dari tangki dan box aki filter kanan kiri yang bisa kita peroleh di pasaran dengan harga sekitar 1 jutaan.
2. Headlamp, Stoplamp, Turn Signal bisa kita peroleh replikanya maupun yang asle di toko toko onderdil terdekat di kota anda.
3. Spatbor depan dan belakang banyak dijual di toko onderdil dengan harga kisaran 200 ribu sd 800 ribuan.
4. Jok dapat diperoleh dengan harga sekitar 200 ribuan, kalau mau lebih pas bisa main kustom alias bikin sendiri sehingga lebih pas dengan yang kita inginkan.
5. Velg menggunakan ring 18, masih bisa menggunakan velg jari jari bawaan motor.


Setelah bagian bodyparts komplit, untuk mendukung tampilan kita beralih ke sektor mesin. Motor yang kita tiru adalah 2 silinder segaris, sedangkan motor yang kita gunakan hanyalah 1 silinder 200 cc. Tapi jangan khawatir kita bisa membuatnya seolah olah menjadi 2 silinder dengan mengganti haed/ kop double knalpot. Parts ini bisa kita peroleh dengan harga sekita 1 jutaan. 


Head/ cop silinder dengan double exhaust.....


Setelah terpasang Head/ Cop silinder dengan double exhaust tentu kita harus membuat knalpot untuk menunjang penampilan seolah olah menjadi double silinder. Untuk saat ini saya baru mulai membuat motor ini dan nanti kalau sudah jadi tentunya knalpot siap saya pasarkan.

Mungkin itu dulu, semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.